Visi Misi

Administrator 31 Maret 2013 17:14:06 WIB

VISI DAN MISI PEMERINTAH DESA GUMANTAR

 

A.VISI DAN MISI

  1. Visi

Visi merupakan tujuan pembangunan yang direncanakan dan akan dicapai dengan serangan program pembangunan dengan memamfaatkan potensi Desa yang ada. Adapun Visi Desa Gumanatar adalah “terwujudnya masyarakat Desa Gumantar yang madiri, sejahtera, sehat, aman, berpengetahuan dan trampil serta menjunjung tinggi kebersamaan”

 

  1. Misi

       Untuk melaksanakan VISI tersebut maka dilaksanakan MISI yaitu:

  1. Menyelenggarakan pemerintah Desa dengan mengacu pada proinsip-prinsip peyelenggaraan pemerintahan yang baik, transparan dan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme
  2. Menyelenggarakan pembaggunan Desa dengan mengacu pada prinsip-prinsip menejeme modern yag didsasari da diawali degan keterlibatan seluruh elemen masyarakat mulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaa, pemamfaatan serta pemeliharaan
  3. Memberikan pelayanan pada masyarakat dalam segala aspek program pembangunan yang merupakan keutuhan/kepentingan masyarakat, dengan tidak membedakan antara satu golongan, suku,kelompok dan agama.
  4. Menumbuhkembangkan semangat demokrasi dalam penyelengaraan, pemerintahan, dan pembangunan dengan mengedepankan nilai-nilai budaya dan kearifa local masarakat.
  5. Menyeleggarakan secara berkesinambungan program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

 

  1. STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

       Strategi dan Arah kebijakan pembangunan desa sebagaimana yang tertuang didalam Rencaa Pembangunan lima tahun Desa Gumantar secara garis besar diupayakan melalui beeberapa program strategis sebagai agenda pembangunan. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan visi dan misi. Untuk tahun 2016 program strategis masih merupakan program lanjutan tahun sebelumnya. Oleh karena itu kebijakan dari masing-masing program dalam pembangunan ditetapkan sebagai berikut:

  1. Peningkatan mutu Pelayanan bagi setiap warga Desa yang membutuhkan dengan tidak membedakan klaster dan golongan masarakat.
  2. Penerapan menejemn keterbukaan dalam hal pendapatan belanja anggaran agar setiap orang/warga mengetahui program-program yang dilaksanakan pemerintah Desa.
  3. Memperkuat kelembagaan yang ada ditingkat Desa melalui bimbingan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun lembaga lainnya.
  4. Peningkatan kompetensi aparatur desa dengan mengikut sertakan dalam setiap bimbingan teknis maupun pelatihan lainnya baik yang diselenggarakan oleh pemerinta Kabupaten maupun lembaga-lembaga lainnya.
  5. Mengupayakan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pada bidang pendidikan, keseatan, serta infrastruktur melalui usulan pada musrembag tingkat kecamatan, kabupate serta dengan mengusulkan l;angsung pada instansi-instansi teknis Kabupaten.

 

  1. PERIORITAS DESA

Pertumbuhan penduduk yang tinggi sebagai akibat tingginya kelahiran, rendahnnya derajat kesehatan masyarakat, tingginya angka penggangguran sebagai akibat rendahnya kompetensi angkata kerja serta belum maksimalnya aksesibilitas yang menghubungkan wilayah pedesaan dengan ibukota Kabupaten sebagai pusat perekonomian merupakan prioritas yang harus dilaksanakan, adapun perioritas Desa adalah:

  1. Untuk menekan tingginya angka kelahiran di Desa Gumantar telah dilaksaakan upaya-upaya seperti penyuluhan KB, penundaan kehamilan bagi pasangan baru nikah. Selegkapnya tentang capaian pemasangan alat kontrasepsi dapat dilihat pada table dibawah ini:

TABEL CAPAIAN PESERTA KB BARU DESA GUMATAR

NO

NAMA DUSUN

TARGET

REALISASI

ALAT KONTRASEPSI

IUD

PIL

STK

IP

KODOM

1.         

Dusun Air Bari

 

 

 

3

10

1

2

2.         

Dusun Amor-Amor

 

 

 

4

2

1

2

3.         

Dusun Pawang Baturan

 

 

 

3

9

1

3

4.         

Dusun Boyotan Proyek

 

 

1

5

10

1

1

5.         

Dusun Montong Gedeng

 

 

 

 

 

 

 

6.         

Dusun Boyotan Asli

 

 

 

4

12

2

3

7.         

Dusun Boyotan Baru

 

 

 

 

 

 

 

8.         

Dusun Melepah

 

 

 

3

9

 

5

9.         

Dusun Kelanjuhan

 

 

 

4

8

2

3

10.      

Dusun Kelanjuan Perigi

 

 

 

 

 

 

 

11.      

Dusun Paok Gading

 

 

 

3

9

1

2

12.      

Dusun Gumantar

 

 

 

6

13

2

8

13.      

Dusun Dasan Tereng

 

 

 

5

16

1

2

14.      

Dusun Nangka Lombok

 

 

 

 

 

 

 

15.      

Dusun Tenggorong

 

 

 

4

10

1

4

16.      

Dusun Dasan Beleq

 

 

 

3

9

1

5

 

JUMLAH

 

 

1

47

127

14

40

                                      

  1. Untuk peningkatan derajat kesehatan telah diupayakan melalui berbagai program seperti penimbagan balita yag secara berlaku terus diupayakan, pemeriksaan kesehatan bagi orang tua lanjut usia pada posyandu, pembagunan sarana kesehatan seperti pustu.

 

  1. untuk membuka peluang bekerja bagi angkatan kerja dengan kompetensi yang minim telah diupayakan melalui pelatihan keterampilan pertukangan dan perbengkelan.
  2. untuk memperlancar akses bagi masyarakat yang bermukim pada wilayah perbukitan dimana hasil tanaman perkebunan sebagai unggulan penunjang perekonomian, telah diupayakan melalui usulan pengaspalan jalan dan pembukaan jalan desa sepanjang 20 km.

 

Komentar atas Visi Misi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang / hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Gumantar

tampilkan dalam peta lebih besar